Nah pada artikel kali ini saya mau bahas tentang kesan/imej sebuah merek sepeda motor khususnya kwartet pabrikan asal negeri tirai bambu Jepang (Honda,Yamaha,Kawasaki,Suzuki) yang menguasai market industri roda 2 di tanah air. Langsung aja kita bahas satu persatu
1.Honda
Merek ini bisa dikatakan adalah merek paling
Imej : motor irit, mudah perawatan, motor sejuta umat, warna merah(warna dasar pada lambang pabrikan)
2.Yamaha
Nah ini merek bisa dibilang musuh bebuyutan alias rival abadi dari Honda. Imej motor kencang telah melekat pada motor ini terbukti sejak era orde baru dengan segelontoran motor 2tak mereka yang terkenal lebih kencang dibanding motor 4tak dengan kubikasi sama. Namun dewasa ini Yamaha juga berusaha memberi kesan motor irit dengan gelontoran produk-produk baru mereka dengan segudang teknologi mulai dari fuel injeksi hingga blue core. Belum lagi gelontoran moge" mereka yang ingin meramaikan pasar dan langsung head to head dengan moge" Kawasaki yang menjadi penguasa pasar moge tanah air.
Imej : motor kenceng, motor sporty, motor canggih, moge asia, warna biru
3.Kawasaki
Pabrikan yang sangat identik dengan warna hijau sampai disebut dengan Geng Ijo ini bisa dibilang adalah motor favorit dan menjadi motor idaman semua pria Indonesia. Ninja series sangat melegenda di Indonesia mulai dari era 2tak kemudian diteruskan oleh si ninin 250Fi dan ninja-ninja lain dengan kubikasi lebih besar. Belum lagi kehadiran Er dan Z series dengan segudang teknologi yang mereka tawarkan menambah imej motor ekslusif semakin melekat pada pabrikan ini. Motor-motor Kawasaki terkenal akan kecepatan dan kestabilannya, tapi sayangnya kesan motor dengan biaya perawatan mahal turut nempel pada pabrikan ini, lhawong sparepart kw nya susah dicari yang ada sparepart orisinil. Tapi dengan sparepart orisinil tentu motor lebih awet dan antirewel dibanding sparepart kw.
Imej : motor kenceng, motor
4.Suzuki
Diantara 4 pabrikan Jepang bisa dibilang Suzuki adalah pabrikan paling bingung. Sepertinya pabrikan ini lebih fokus ke jualan mobil ketimbang jualan motor. Hanya SatriaFU yang membuat Suzuki berbicara di kancah roda 2 Indonesia, itupun sepertinya sebentar lagi penjualannya akan babak bunyak (*babak belur) dihajar oleh Jupiter MX King serta Honda Sonic. Ibarat seseorang yang terinfeksi menunggu ajal begitulah ibarat Suzuki. Bila tidak segera berbenah dan menggelontorkan produk-produk baru maka jelas sudah akhir persaingan dari Suzuki motor.
imej : warna biru muda, saya sendiri pun bingung harus menuliskan apa :D karena motor Suzuki tidak menonjolkan suatu kelebihan dan cenderung sedang" saja dan merata di segala aspek.
Nah brosis sekian review imej dan kesan yang melekat pada kwartet pabrikan Jepang sebagai penguasa pasar sepeda motor di Tanah air, kapan ya Indonesia memiliki pabrikan yang mampu banyak berbicara di negeri sendiri. Merek lokal seperti VIAR dan Minerva pun sebenarnya sudah cukup baik kok brosis tapi kesan mocin terlanjur melekat ke keduanya padahal itu motor Indonesia loh :D. Semoga kedepannya industri motor nasional turut berkembang sekelas dengan kwartet pabrikan samurai ya brosis. Oke sikian artikel yang saya buat, bila ada kata" yang kurang berkenan saya mohon maaf.
Wassallamuallaikum Wr.Wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar